Tips untuk Para Backpacker!

Travelling dapat memperluas pengetahuan anda. Seperti yang dikatakan oleh penulis asal Inggris, Terry Pratchet, yang menulis “A hat full of sky”, mengatakan

“Why do you go away? So that you can come back. So that you can see the place you come from with new eyes and extra colors. And the people there see you differently, too. Coming back to where you started is not the same as never leaving.”-Terry Pratchet.

Mari kita simak beberapa tips untuk para backpacker pemula berikut ini.

Tips Jalan-jalan sekitar Negara-negara ASEAN untuk Pemula

1. Siapkan Passport

Kalian dapat mendapatkan passport di setiap kantor Imigrasi yang tersebar di seluruh Indonesia dimanapun kalian berada. Bisa juga dicek di: http://www.imigrasi.go.id/

2. Cek Kalender dan Planingkan rencana perjalanan dengan baik untuk menghemat waktu dan uang.

Jika anda mempunyai waktu dua minggu, anda dapat mencoba perjalanan seperti Jakarta-Bangkok-Siem Reap-Phoem Pehn-Ho Chi Minh City- Jakarta. Jika anda hanya mempunyai waktu satu minggu saja, anda lebih baik jangan mengunjungi lebih dari dua negara. Sebagai contoh: Singapura dan Malaysia atau Thailand dan Kamboja.

3. Pastikan Budget anda mencukupi untuk perjalanan

Cek di internet dan tanyakan kepada teman-teman yang berpengalaman untuk memperoleh informasi mengenai trip yang murah dan terpercaya.

4. Sediakan waktu untuk mencek website-website seperti dibawah ini:

http://www.airasia.com, http://www.tigerairways.com, http://www.jetstar.com, http://www.lionair.com, http://www.cebupacificair.com. Cobalah untuk mencari promo-promo tiket karena akan lebih menghemat budget.

5. Cari info tentang akodomasi yang tepat

Wisma tentu saja lebih murah dari pada hotel, jadi anda dapat mencoba untuk mengecek website seperti: http://www.hostelbookers.com dan http://www.hostelworld.com. Akomodasi yang paling murah adalah yang berbentuk asrama. Sebuah asrama biasanya ditinggali 6-10 orang saja. Karena anda akan tinggal bersama orang-orang yang tidak anda kenal, pastikan menjaga barang-barang bawaan anda.

6. Jika ingin menumpang di rumah warga setempat, bergabung dengan salah satu komunitas contohnya Couchsurfing (CS): http://www.couchsurfing.org

Untuk menjadi salah satu anggota dari comunitas yang beranggotakan lebih dari 7 juta orang di seluruh dunia ini artinya anda bersedia untuk menampung para bakcpacker dari negara lain di tempat anda jika mereka mengunjungi negara anda. Sama seperti saat anda mengunjungi negara mereka.

7. Persiapkan tas ransel bawaan dengan baik

Persiapkan bawaan secara efisien. Jangan membawa barang-barang yang kurang bermanfaat. Ingat, anda adalah backpacker jadi anda akan membawa tas ransel anda kemanapun anda pergi.

8. Bersenang-senanglah, tetapi tetap berhati-hati karena segala sesuatu dapat terjadi kapan dan dimana saja.

9. Tidak ada satupun negara ASEAN yang mewajibkan orang Indonesia untuk memiliki Visa terlebih dahulu untuk masuk ke negara mereka, khususnya untuk kunjungan singkat.

Saat anda turun dari pesawat, dapatkan dan segera isi form imigrasi dan antri di bagian imigrasi untuk mendapatkan stempel di passport anda.

Tips untuk Perjalanan di sekitar Indonesia

1. Tahu tempat tujuan anda

Apakah kota, pulau ataukah gunung? Cek info di internet atau tanyakan kepada teman yang pernah ke tempat tersebut. Lalu cari tahu bagaimana cara ke tempat tersebut dan apa yang dapat kita lakukan di sana nantinya.

2. Cek tentang transportasi setempat

Jika anda bepergian dalam kelompok, anda dapat menyewa mobil karena akan lebih praktis. Anda juga dapat mencoba transportasi umum jika mau. Untuk tujuan ke pulau, anda harus memastikan jadwal keberangkatan kapal atau perahu untuk menuju tempat tersebut karena akan berbeda di tiap tempatnya. Rencanakan secara matang agar tidak membuang banyak waktu.

3. Persiapkan akomodasi yang tepat

Cari akomodasi di tempat yang strategis. Dengan begini, anda dapat menghemat waktu ketika ingin bepergian dan akan mengurangi biaya transportasi. Anda dapat menghubungi biro perjalanan setempat untuk info lebih jelasnya. Jika memungkinkan untuk mendirikan tenda, patut anda coba!

4. Rencanakan Budget anda

Prediksikan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan. Bawa uang lebih untuk berjaga-jaga, tapi tetap pisahkan. Jangan membawa semua kartu ATM anda karena bila anda kehilangan dompet, akan menambah beban anda karena akan membuat banyak laporan kehilangan.

5. Atur barang bawaan secara bijak

Bawalah hanya barang-barang yang diperlukan saja dan gunakan jenis tas yang tepat. Jika anda nantinya akan sering berpindah-pindah, sebaiknya anda menggunakan tas ransel saja. Dan juga bawalah tas serbaguna yang dapat dilipat jadi anda dapat mengurangi penggunakan tas plastik. Hitung-hitung terlibat dalam pelestarian alam.

6. Nikmati Perjalanan Anda dengan terbuka dan tetap menjaga sopan santun

Selalu bersiap sedia untuk merasakan pengalaman baru dan bercengkerama dengan warga setempat. Dengan begini, anda akan belajar banyak dari perjalanan anda.

Ya itulah beberapa tips khususnya untuk backpacker pemula dimana saja anda berada. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Happy Backpacking!!!

Iklan

Diterbitkan oleh

agieloverrainbow

#Programmer, #Designer, #EnglishTeacher, #Gamer, #Moeslim, #Blogger, #GooseHouseFans, #MilkLovers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s