Fakta / Mitos beberapa Hewan di Dunia

Sebagian besar masyarakat Indonesia percaya bahwa jika seekor tokek menggigit anda, itu tidak akan lepas hingga guntur berbunyi. Kepercayaan ini berasal dari fakta bahwa rahang seekor tokek sangatlah kuat dan akan sangat sulit untuk melepas gigitan tokek. Tetapi, tentu saja, tidak perlu menunggu guntur berbunyi untuk melepaskannya, tinggal taburi merica ke hidung tokek tersebut. Dapatkah anda tahu apakah kepercayaan yang berhubungan dengan hewan-hewab berikut ini adalah fakta atau fiksi? Mari kita simak.

Dinasaurus adalah hewan yang paling besar yang pernah ada

blue-whale-pictures_3Luar biasanya, hewan yang paling besar yang pernah ada adalah Paus Biru (Balaenoptera musculus). Hewan ini bahkan lebih besar dari dinasaurus yang paling besar! Paus Biru terbesar yang pernah terekam adalah sepanjang 33 meter dan seberat 200 ton. Mamalia laut ini bernapas menggunakan sebuah lubang semburan di atas kepalanya. Lubang semburan ini cukup besar untuk dimasuki anak bayi. Ketika Paus Biru menghembuskan napas, semburannya bisa mencapai 9 meter. Seekor Paus Biru memiliki mulut yang sangat besar yang kira-kira cukup muat untuk diisi oleh 400 orang. Mulut yang besar ini mampu menelan air yang volumenya melebihi ukuran badannya.

Kepik (Ladybug) bukanlah Hama

ttapp_ladybugYa Kepik atau Kumbang Koksi (Hemiptera) bukanlah sejenis hama, bukan pula berjenis kelamin betina semua. Mereka terlihat seperti sedang memakan tanaman yang dihinggapinya seperti jenis serangga lainnya. Tetapi sebenarnya mereka memakan hama yang menghancurkan tanaman. Saat ini para petani mengembangbiakkan serangga ini karena dapat membasmi hama sehingga petani tidak perlu memakai pestisida lagi. Fakta menarik lainnya dari kepik ini adalah cara mereka mempertahankan diri. Untuk menghindari musuh atau pemangsa, serangga ini akan pura-pura mati. Dia akan membalikkan badannya dan mengeluarkan sedikit darah dari kakinya. Aroma yang tidak sedap dari darah tersebut dan posisi mati dari Kepik membuat pemangsa enggan untuk memangsanya. Setelah aman, Kepik akan kembali ke posisi semula.

Buaya tidak memiliki kantung air mata

Crocodile_2811605bPernah mendengar istilah “Air mata buaya?” Istilah ini diberikan kepada orang yang pura-pura sedih dikarenakan oleh kepercayaan bahwa Buaya tidak memiliki kantung air mata. Namun, para peneliti telah menemukan fakta sebaliknya. Buaya memiliki kantung air mata, dimana akan memproduksi air mata ketika mata hewan ini mulai kering. Menurut dari mitos lainnya, buaya tetap menangis saat mereka memangsa manusia. Ini tidak sepenuhnya bohong. Buaya benar-benar menangis saat makan, tapi bukan karena alasan emosional. Saat mereka makan, udara masuk ke hidung mereka naik ke kantung air mata dan bercamput dengan air mata. Campuran air mata dan udara ini terdorong keluar melalui mata, membuatnya terlihat seperti sedang menangis.

Burung Unta menyembunyikan kepala mereka di tanah ketika dalam bahaya

ostrich_653_600x450Burung unta adalah salah satu jenis Burung Besar yang tidak bisa terbang. Beberapa film kartun kadang memperlihatkan mereka menyembunyikan kepalanya di dalam tanah. Istilah dalam bahasa Inggris juga ada seperti “hiding your head in the sand like an ostrich” yang ditujukan untuk seseorang yang lebih memilih lari dari masalah dari pada menyelesaikannya. Tapi anda tidak akan pernah melihat Burung unta melakukan hal itu. Mitos ini sepertinya muncul dari fakta bahwa ketika Burung unta sedang makan, hewan ini biasanya membaringkan kepalanya ke bawah rapat dengan tanah untuk menelan pasir dan kerikil yang dapat membantunya untuk mengunyah makanan di dalam tenggorokannya.

Meerkat adalah hewan yang altruistis

Meerkats_1024Altruistis berarti peduli akan kebutuhan dan kebahagiaan orang lain dari pada dirinya sendiri. Meerkat adalah mamalia kecil yang hidup di daerah Afrika. Terkenal oleh kebiasaan bersosialisasi berkelompok mereka, meerkat hidup dalam kelompok 20-30 ekor yang dipimpin oleh sepasang yang dominan. Saat kedua pemimpin mereka pergi mencari makan, anggota satu atau lebih kawanan lainnya akan berjaga dan memantau apakah aman dari pemangsa atau tidak. Biasanya mereka berjaga selama satu jam lebih setelah itu mereka akan bergantian dengan anggota lainnya. Mereka juga memberi makanan bayi meerkat bersama-sama. Meerkat betina merawat kelompok bayi meerkat. Sesuatu yang paling tidak biasa dari meerkat adalah cara mereka mengajar meerkat muda untuk berburu. Sebagai contoh, saat Meerkat dewasa mengajari meerkat muda cara berburu kalajengking (makanan favorit mereka), meerkat dewasa terlebih dahulu melepaskan penyengatnya untuk menunjukkan cara membunuh kalajengking.

Ya itulah beberapa fakta-fakta ataupun mitos yang berhubungan dengan hewan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua.

 

Iklan

Diterbitkan oleh

agieloverrainbow

#Programmer, #Designer, #EnglishTeacher, #Gamer, #Moeslim, #Blogger, #GooseHouseFans, #MilkLovers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s